Bahan Baju

Dalam pembuatan sebuah baju, tentu kita membutuhkan bahan baju. Di pasaran sendiri, terdiri banyak jenis baju yang telah dikenal oleh masyarakat seperti baju kerja, baju muslim, baju sekolah dll. Tentu dari berbagai jenis baju yang beredar banyak di pasaran juga dibuat dari berbagai bahan baju yang ada. Baju sendiri merupakan suatu kebutuhan manusia yang termasuk kebutuhan sandang. Kebutuhan akan sebuah baju memang tidak bisa ditinggalkan. Selain karena fungsi baju tersebut untuk menutup aurat, fungsi lain dari baju adalah untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung. Dengan menyadari pentingnya sebuah baju, tentu kita harus dapat memilih baju yang tepat bagi kita. Pemilihan baju tersebut harus didasarkan dari bahan baju, warna baju dan model baju. Perlu diketahui pula, baju-baju yang banyak beredar di pasaran Indonesia kebanyakan terbuat dari katun sebagai bahan baju yang dipakai oleh para produsen pembuat baju.

Katun Sebagai Bahan Baju

Bahan baju katun adalah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah baju. Bahan katun dibedakan menjadi dua jenis, yaitu katun carded dan katun combed. Bahan baju combed mempunyai bahan yang lebih halus daripada bahan carded yang cenderung agak kasar. Sepintas, jika kita memegang bahan baju katun carded memang akan terasa lebih tebal, tetapi dalam pemakaiannya bahan katun combed akan terasa lebih enteng dan nyaman dipakai. Sifat dari kedua jenis katun tersebut adalah menyerap keringat, hal ini dikarenakan bahan baku keduanya yaitu serat kapas. Secara umum, karakteristik dari kedua jenis katun diatas adalah mudah menyerap keringat, bahan terasa dingin dan sedikit kaku, serta rentan terhadap jamur. Melihat dari kelebihan yang ada pada bahan katun ini dan juga mengesampingkan kekurangan yang ada pada bahan katun ini, bahan baju katun memang salah satu bahan yang cocok untuk pembuatan sebuah baju.

Polyester Sebagai Bahan Baju

Selain bahan katun yang sering digunakan sebagai bahan baju, terdapat bahan lain yang juga dikenal luas oleh masyarakat yaitu bahan polyester. Polyester sendiri merupakan bahan baju sintetis yang terbuat dari hasil minyak bumi, biasanya berupa serat fiber. Melihat dari bahan dasarnya, maka sifat dari bahan polyester ini adalah tidak bisa menyerap keringat dan akan terasa panas bila dipakai. Hal itu karena bahan baju ini terbuat dari butiran plastik, seperti yang kita tahu plastik sendiri tidak bisa menyerap air. Secara umum, karakteristik dari bahan polyester ini adalah kuat jika direndam dalam deterjen lebih dari tiga jam, noda minyak ataupun makanan yang menempel pada bahan ini akan sulit untuk dihilangkan dan sering dicampur dengan bahan lain seperti linen, katun serta viscose. Diluar bahan baju yang menjadi bahasan kita yaitu bahan katun dan bahan polyester, tentu masih banyak bahan—bahan lain yang digunakan oleh para produsen pembuat baju untuk membuat sebuah baju.

Add a comment

*
*


× two = 2

*