Batik Seragam Sekolah

Tidak sedikit sekolah yang memberlakukan penggunaan batik seragam sekolah dalam kegiatan belajar mengajarnya. Di tengah kesadaran masyarakat dan juga dalam rangka melestarikan kain batik sebagai kain asli Indonesia, penggunaan baju batik sebagai baju seragam dalam sebuah sekolah merupakan salah satu upaya yang cukup baik dalam mengajarkan anak didik dan juga generasi muda agar tetap mencintai budayanya sendiri. Melalui penggunaan baju batik dalam kegiatan belajar mengajar seperti ini, seorang siswa tentu akan merasakan bangga ketika harus menggunakan baju yang terbuat dari kain batik sebagai salah satu hasil kebudayaan asli negara Indonesia. Dengan begitu, maka para generasi muda nantinya diharapkan akan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Kebijakan Batik Sebagai Seragam Sekolah

Penggunaan batik seragam sekolah tentu saja akan berbeda-beda antara sekolah yang satu dengan yang lainnya. Hal ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kebudayaan yang ada di daerah sekitar sekolah tersebut berada. Penggunaan batik ini sebagai salah satu seragam sekolahnya ini kebanyakan diterapkan di sekolah-sekolah yang ada di pulau jawa dimana pulau jawa ini memang selama ini dikenal oleh masyarakat luas sebagai daerah penghasil kain batik yang sangat banyak dari berbagai daerah yang ada di dalamnya. Corak atau motif batik yang digunakan sebagai seragam ini juga berbeda-beda, disesuaikan dengan kebudayaan dari corak batik yang ada di daerah tersebut.

Batik seragam sekolah dalam satu wilayah atau daerah saja dapat berbeda antara jenis corak atau motif batiknya, semua itu disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing-masing. Terdapat hari tertentu dimana para siswanya diwajibkan untuk memakai batik sebagai seragam identitas dari sekolah mereka. Misalnya saja untuk hari jumat para siswa yang berada di wilayah Yogyakarta diharuskan untuk memakai batik sebagai seragamnya. Penentuan hari ini antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya tentu saja berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing. Dengan begitu, pemakaian seragam batik ini akan menjadikan sebuah sekolah menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas karena penggunaan kain batik ini sebagai salah satu seragam wajibnya.

Corak Batik Nusantara

Batik seragam sekolah ini tentu saja dibuat dengan berbagai corak yang ada di seluruh wilayah yang selama ini dikenal sebagai sentra kerajinan batik seperti Solo, Yogyakarta, Pekalongan dan masih banyak lagi. Penggunaan batik ini tentu saja coraknya disesuaikan dengan daerah masing-masing dimana sekolah tersebut berada. Penggunaan corak batik lokal ini membuat usaha pembuatan kerajinan kain batik yang ada di daerah tersebut menjadi semakin maju dan dapat tetap berjalan di tengah perkembangan zaman. Hal ini dikarenakan sekolah-sekolah yang ada di sekitar daerah tersebut akan memesan kain batik yang akan mereka jadikan seragam kepada para pengrajin yang ada di daerah tersebut.

Motif dari batik seragam sekolah yang ada di sekolah anda tentu saja akan berbeda dengan motif batik yang ada di sekolah lainnya. Bahkan untuk satu wilayah kabupaten kota saja motif batiknya dapat berbeda, apalagi dengan sekolah yang berada di wilayah lainnya. Penggunaan motif atau corak batik ini melambangkan kekayaan negara kita dalam hal budaya. Ini menunjukkan bahwa negara kita ini memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Kita sebagai generasi muda, menggunakan baju batik sebagai seragam ketika bersekolah menjadi sebuah kebanggaan karena kita juga ikut dalam upaya melestarikan kain batik yang merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang sudah diakui oleh dunia.

Add a comment

*
*


two + 9 =

*