Seragam Sekolah Indonesia

Di Indonesia sendiri, setiap jenjang pendidikan telah memiliki seragam sekolah Indonesia yang berbeda antara satu jenjang sekolah dengan lainnya. Hal ini telah menjadi aturan baku dan juga telah diterapkan di tiap-tiap sekolah di Indonesia. Pembagian jenis warna seragam yang dipakai pada suatu jenjang pendidikan menunjukkan tingkatan-tingkatan jenjang pendidikan yang ada di dunia pendidikan Indonesia. Di dalam suatu jenjang pendidikan yang ada, tidak hanya tersedia satu warna seragam sekolah yang akan digunakan seorang siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran selama satu minggu. Tetapi, terdapat beberapa jenis warna seragam sekolah yang dipakai menurut pembagian hari selama satu minggu.

Jenis Seragam Di Indonesia

Pembagian jenis seragam sekolah Indonesia dimulai dari jenjang SD. Untuk jenjang ini, terdapat seragam berwarna merah putih yang dipakai hari Senin sampai Selasa. Untuk hari Rabu sampai Kamis memakai seragam coklat krem atau seragam Pramuka. Seragam Pramuka ini biasanya juga dipakai untuk kegiatan Pramuka. Untuk hari Jumat sampai Sabtu, biasanya seragam yang dipakai adalah pakaian muslim. Sedang untuk jenjang SMP, Pada hari Senin sampai Kamis memakai seragam biru tua putih, sedang untuk hari Jumat sampai Sabtu menggunakan seragam khusus. Dalam seragam khusus ini, setiap sekolah memiliki hak prerogatif tersendiri untuk menentukan warna dan pola seragam khususnya. Untuk jenjang SMA, pada hari Senin sampai Kamis memakai seragam abu-abu putih, sedangkan untuk hari Jumat dan Sabtu memakai seragam khusus dan seragam batik. Jenis-jenis seragam di atas adalah seragam sekolah yang kebanyakan dipakai sekolah- sekolah di Indonesia.

Tips Merawat Seragam Sekolah

Tips merawat seragam sekolah sebenarnya hampir sama dengan baju-baju lainnya. Tips perawatan ini berlaku bagi seragam sekolah SD, SMP maupun SMA. Pertama, setrikalah seragam anda minimal 1 minggu sekali. Proses penyetrikaan seragam ini idealnya dilakukan pada hari Minggu, agar saat digunakan pada hari Senin, seragam sekolah akan terlihat rapi dan sedap dipandang mata. Kedua, gantilah seragam sekolah anda sesaat setelah anda pulang sekolah. Untuk aktifitas di rumah, sebaiknya anda menggunakan baju rumah anda. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi seragam anda agar tidak terkena kotoran maupun noda.

Ketiga, jika anda sudah memakai seragam sekolah anda selama dua hari di sekolah, segera cuci pada hari itu juga. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan noda-noda maupun kotoran yang timbul pada baju seragam. Sementara, jika anda baru menggunakan seragam sekolah anda selama satu hari di sekolah, anda bisa menggantungkan seragam anda di tempat penggantungan baju sebelum dipakai keesokan harinya. Penggantungan seragam ini juga perlu diperhatikan agar baju seragam sekolah tidak menjadi sarang nyamuk yang justru bisa mengundang malapetaka jika nyamuk tersebut adalah nyamuk yang berbahaya. Demikianlah beberapa tips perawatan seragam sekolah yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Add a comment

*
*


+ 4 = thirteen

*