Memilih Pakaian Ketika Wawancara

Ketika kita hendak melamar sebuah pekerjaan dan sedang disibukkan dengan pemilihan pakaian yang akan anda gunakan pada saat wawancara, maka hal seperti ini sering kali membuat banyak orang bingung dalam menentukan pakaian yang sesuai dikenakan pada saat wawancara. Setiap orang tentu saja memiliki ciri khas atau gaya dalam mengenakan pakaian. Namun, jika dihadapkan pada situasi seperti ini, yaitu wawancara kerja, maka berpakaian yang rapi dan sopan menjadi sebuah keharusan dan harus anda lakukan jika anda tidak ingin kehilangan kesempatan bekerja anda. Tentu saja anda tidak akan rela jika anda gagal diterima bekerja di sebuah perusahaan yang sudah anda inginkan bukan? Berikut ini beberapa tips untuk anda ketika memilih pakaian untuk wawancara.

7 Tips Berpakaian Wawancara Kerja

1. Ketika akan melakukan wawancara kerja, maka usahakan untuk anda tidak mengenakan atasan atau baju yang terlalu terbuka dan seksi. Jika anda menggunakan pakaian seperti ini ketika anda sedang melakukan wawancara, maka orang yang mewawancarai anda pasti akan beranggapan kalau anda hanya bergurau saja mendaftar kerja di perusahaan tersebut. Lebih baik anda mengenakan blouse dengan model kemeja yang akan lebih sopan.

2. Jangan gunakan rok yang terlalu mini. Seorang wanita yang berkeinginan untuk menampilkan tubuh indah mereka memang hal yang sah, namun pada saat hendak melakukan wawancara, usahakan untuk anda tidak mengenakan rok mini seperti ini. Orang yang mewawancarai anda bisa saja beranggapan kalau anda tidak serius bekerja di tempat tersebut dan akan mengira anda tidak memiliki kemampuan kerja yang baik.

3. Hindari untuk memakai pakaian yang terlalu tipis. Iklim di negara kita ini memang cukup panas setiap tahunnya, namun hal ini tidak menjadikan anda mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan yang tipis ketika anda hendak melakukan wawancara. Jika anda memang terpaksa untuk memakai atasan yang terbuat dari bahan yang tipis, maka anda dapat menutupinya dengan blazer untuk memberikan kesan sopan pada anda.

4. Jangan juga sesekali anda menggunakan pakaian yang terlalu pendek sehingga ketika anda duduk maka pakaian dalam anda dapat terlihat. Dalam wawancara, orang yang mewawancarai anda akan menilai anda pertama kali dari penampilan dan gaya berbusana anda, jadi jangan sekali-kali anda mencoba untuk mengenakan pakaian yang terlalu mini ketika akan melakukan wawancara kerja.

5. Kenakan pakaian yang pas dengan tubuh anda. Ketika anda akan melakukan wawancara, maka anda dapat memilih pakaian wawancara yang pas dengan tubuh yang anda miliki. Anda dapat membelinya atau untuk lebih memastikan bahwa pakaian yang anda kenakan pas dengan tubuh anda, maka anda dapat membuatnya dengan bantuan penjahit pakaian. Jangan gunakan pakaian yang terlalu longgar atau bahkan sempit ketika wawancara karena anda akan disangka tidak dapat mengurus pekerjaan anda nantinya jika dalam memilih baju yang pas saja anda tidak mampu.

6. Ketika wawancara, bagi anda kaum wanita yang suka berdandan dengan make up yang cukup tebal, maka hindari untuk menggunakan make up yang terlalu tebal ketika anda hendak melakukan wawancara. Untuk seorang model ternama saja ketika akan melakukan wawancara kerja mereka tidak akan menggunakan make up yang terlalu berlebihan. Jadi sewajarnya saja seperti anda beraktifitas seperti biasanya.

7. Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana anda menata rambut anda ketika akan melakukan wawancara. Pastikan tatanan rambut anda rapi untuk dapat menampilkan kesan rapi anda dalam berpenampilan. Rambut ini juga akan memberikan gambaran tentang kepribadian seseorang.

Semoga beberapa tips memilih pakaian ketika wawancara di atas bisa memberikan manfaat bagi anda. Selamat mencoba.

Add a comment

*
*


4 × nine =

*