Tips Merawat Warna Pakaian

Berbagai artikel membahas tips merawat warna pakaian. Kami sajikan 6 tips sederhana dalam merawat pakaian. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dan menjadi hal yang sangat penting untuk dipenuhi dalam kehidupannya. Selain berfungsi untuk menutupi tubuh pemakainya, pakaian ini juga dapat berfungsi sebagai penambah kesan keindahan bagi pemakai dari pakaian tersebut jika anda dalam memilih dan merawatnya baik dan tepat. Tentu saja hal yang akan membuat anda menjadi berkurang keindahan dan juga kenyamanannya ketika mengenakan pakaian yang anda kenakan seperti akibat dari memudarnya warna pakaian yang anda miliki tersebut tidak mau anda alami. Oleh karena itu anda harus merawat pakaian anda dengan cara yang benar agar warna dari pakaian yang anda kenakan tidak mudah memudar. Berikut ini ada beberapa cara agar dapat menjaga warna pakaian anda tetap awet.

6 Tips Merawat Warna Pada Pakaian

1. Ketika anda mencuci pakaian warna anda, gunakan air dingin untuk mencucinya. Hal ini selain dapat menghemat energi jika dibandingkan dengan anda mencuci pakaian anda dengan air hangat, mencuci dengan air dingin juga dapat membuat pakaian anda tetap awet dan warnanya tetap terjaga.

2. Jangan terlalu sering mencuci pakaian warna anda jika anda tidak ingin warnanya memudar. Pencucian yang berulang-ulang pada pakaian warna yang anda miliki ini sebenarnya akan menyebabkan pakaian anda tersebut menjadi lebih cepat memudar warnanya. Jika pakaian yang telah anda kenakan tersebut tidak kotor, maka anda dapat mengangin-anginkannya saja untuk kemudian dapat anda pakai kembali dilain waktu. Namun jika pakaian anda tersebut telah terkena keringat atau telah kotor, maka segeralah untuk mencucinya karena dapat ditumbuhi jamur jika anda tidak segera mencuci pakaian anda tersebut.

3. Selalu hindari kerusakan pada saat mencuci. Dalam mencuci pakaian agar tetap awet, maka anda dianjurkan untuk tidak menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian anda tersebut. Anda bisa mencuci pakaian anda menggunakan tangan. Namun yang perlu diperhatikan jika anda mencuci dengan tangan, anda jangan terlalu keras menyikat pakaian anda tersebut dan juga jangan terlalu keras ketika memeras pakaian yang anda cuci tersebut. Hal ini akan dapat mengakibatkan warna dan juga kualitas pakaian anda menjadi cepat menurun.

4. Selalu gunakan deterjen dan juga pelembut dengan kualitas yang baik. Mencuci menggunakan deterjen khusus untuk pakaian warna akan memberikan warna pakaian anda menjadi lebih awet dibandingkan jika anda mencuci menggunakan deterjen biasa. Setelah mencuci pakaian anda tersebut juga dianjurkan untuk selalu menggunakan pelembut agar serat pakaian anda tidak kasar dan juga warnanya tetap terjaga.

5. Gunakan larutan air cuka untuk mencuci pakaian warna anda. Larutan cuka ini ternyata dapat menjaga warna dari pakaian yang anda miliki agar tetap awet dan tidak mudah luntur. Anda cukup merendam pakaian anda dengan dua sendok air cuka yang sudah dilarutkan dengan air biasa sebelum anda memulai mencuci pakaian anda tersebut.

6. Gunakan shampoo untuk merendam pakaian warna anda agar tetap awet. Larutan air shampoo ini ternyata bermanfaat dalam menjaga kualitas dari warna pakaian anda agar tetap awet. Larutkan shampoo secukupnya dan kemudian kocok larutan tersebut hingga berbusa sebelum anda merendam cucian anda dengan menggunakan larutan shampoo ini.

7. Ketika sedang berlangsung proses pencucian atau perendaman, maka usahakan untuk selalu memisahkan antara pakaian yang memiliki warna cerah dengan pakaian yang berwarna putih. Pemisahan ini bertujuan untuk menghindari pakaian anda terkena lunturan pakaian lainnya yang memiliki warna yang cerah. Anda dapat memisahkannya dan mencucinya secara bergantian.

Semoga tips yang disajikan kali ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anda dalam menjaga warna pakaian anda agar tetap awet.

Add a comment

*
*


7 − = one

*